Aktivitas Perkuliahan Untad Dimulai

oleh
Rektor Untad, Prof. Muhammad Basir (tengah) memimpin pembacaan doa sebelum dimulai proses perkuliahan dihari pertama di depan salah satu tenda yang dipersiapkan untuk proses belajar mengajar (FOTO : IST)

PALU – Universitas Tadulako (Untad) sudah memulai aktivitas perkuliahan, Senin 5 November 2018. Jadwal itu sudah ditetapkan, dua pecan sebelumnya.
Wakil Rektor (Warek) I Bidang Akademik, Untad, Prof. Dr. Sutarman Yado, di Kampus Pasca Sarjana Untad, Senin (05/11), mengatakan, di hari pertama itu, belum 100 persen mahasisiwa masuk, tetapi sudah terlihat cukup banyak.
Dia juga mengatakan, sejauh ini belum ada laporan mengenai tingkat kehadiran mahasiswa, dari masing-masing fakultas.
“Yang jelas perkuliahan hari ini harus dimulai, tapi segala sesuatu yang namanya memulai itu tidak gampang. Jadi kira-kira besok pasti bertambah dan seterusnya akan bertambah,” katanya.
Menurutnya, masih ada mahasiswa yang sedang Sign In atau menumpang kuliah sementara di perguruan tinggi lain untuk mengisi kekosongan waktu di pengungsian.
“Jadi tidak dibenarkan pindah dan perguruan tinggi lain juga tidak mengizinkan. Mereka hanya melayani sementara. Hanya saja mereka dibijaksanai harus masuk sampai sebelum akhir semester,” tegasnya.
Disampaikannya, saat ini sejumlah mahasiswa masih menerima materi di tenda-tenda, karena banyak ruang kuliah yang dinyatakan kurang layak akibat gempa bumi. Tenda terbanyak di Fakultas Hukum, karena dari 26 ruangan hanya lima yang bisa terpakai. Sementara, tenda yang paling kurang di Fakultas MIPA karena kondisi ruangan hampir semua layak pakai.
Kemungkinan, kata dia, akan terjadi perubahan jadwal mata kuliah. Otomatis akan terjadi pengaturan kembali karena keterbatasan ruangan.
“Penjadwalannya diatur kembali karena semua itu dipadatkan. Kalau sebelumnya ada ruangan yang kosong, sekarang tidak ada lagi. Setelah satu kelas selesai, langsung diisi lagi kelas lain. Kalau tidak begtiu tidak bisa efektif,” terangnya.
Pagi sebelum dilakukan proses perkuliahan, civitas akademika Untad melakukan apel untuk mendengarkan arahan dari Rektor, Prof. Muhammad Basir. Apel itu dilaksanakan di Kampus Pasca Sarjana yang saat ini dijadikan kantor rektorat sementara.
Di kesempatan itu juga dilakukan doa bersama yang dipimpin oleh rector, kemudian pengecekan seluruh dosen.
Berdasarkan data yang ada, di hari pertama itu sudah memenuhi hingga 95 persen kehadiran dosen.
“Belum semua dosen masuk, masih ada satu dua orang yang mengaku berada di luar kota. Tapi kami sudah sampaikan dan mereka akan kembali dalam waktu dekat ini,” tandasnya. (YAMIN)

loading...

Tentang Penulis: Fauzi Lamboka

Gambar Gravatar
Belajar Menulis dan Menulis untuk Belajar