Aktivis Pemuda Bentuk Jari Pede Sulteng untuk Ciptakan Demokras Berkualitas

oleh
Foto bersama Pengurus Jari Pede Provinsi Sulawesi Tengah di salah satu coffe di Kota Palu, pekan lalu. (FOTO: IST)

PALU – Sejumlah aktivis pemuda di Sulawesi Tengah menginisiasi pembentukan sebuah wadah dalam rangka mengawal jalannya pesta demokrasi di Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya Pilkada serentak yang akan digelar Tahun 2020 mendatang.

Lembaga yang dinamai Jaringan Pemilu dan Demokrasi (Jari Pede) Provinsi Sulawesi Tengah itu resmi diluncurkan di salah satu coffe di Kota Palu, pekan lalu.

“Jari Pede ini adalah lembaga yang lahir dari masyarakat kritis, independen, setara, adil dan professional dalam rangka membangun serta mengokohkan semangat berbangsa dan bernegara,” kata Direktur Jari Pede Sulteng, Ahmad Syarif.

Dia menambahkan, tujuan dari terbentuknya lembaga itu adalah terwujudnya pemilu yang bermartabat, kredibel, partisipatif serta menjaga kedaulatan rakyat demi terciptanya demokrasi yang berkualitas.

Adapun struktur kepengurusan Jari Pede ini sendiri yakni Ahmad Syarif selaku Direktur, Rini Andriani sebagai Bendahara, Divisi Administrasi dan Kesekretariatan dijabat Riefki Fahyul, Divisi Pengkajian dan Pendidikan Pemilih oleh Taslim Pakaya, Divisi Pengawasan dan Monitoring oleh Rahmawati, dan Efendi selaku Divisi Advokasi dan Pelatihan serta Yahya Prianto sebagai Divisi Humas dan Media.

Sejauh ini, Jari Pede sudah menjalin hubungan dengan berbagai unsur, salah satunya pihak Polda Sulteng, untuk bersinergi menyukseskan Pilkada serentak yang aman dan damai. (RIFAY)