Air Terjun Salodik, Surga Dunia di Ujung Kota Luwuk

oleh
Salodik. FOTO : YAMIN

KEINDAHAN air terjun di Indonesia memiliki beragam daya tarik tersendiri. Bentuknya yang melebar hingga memiliki tinggi puluhan meter. Menariknya, ada juga yang memiliki bentuk bertingkat dengan seperti seluncuran. Salah satunya Salodik, air terjun yang berada di Wilayah Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, hanya sekitar 20 kilometer dari Kota Luwuk.

Undakan kecil terlihat air terjunnya bertingkat, karena keindahan yang mengagumkan Air Terjun Salodik memiliki julukan dari wisatawan sepotong surga di ujung kota. keindahannya itu tidak lepas dari aliran airnya yang sangat lembut. Bahkan dibeberapa titik airnya terlihat berwarna kehijauan dikarenakan dasarnya terdapat tanah liat.

Udara di Salodik sangat sejuk karena rimbunnya pepohonan di sekelilingnya. Hutan alami ini memberikan kesegaran yang tak akan ingkar walaupun airnya tergolong sangat dingin. Terlebih lagi kamu dapat bersantai dan berendam di Air Terjun Salodik ini dengan amanm. Bahkan jika sekali berendam di air salodik rasanya ingin berlama-lama didalamnya.

Ditambah dengan hijaunya hutan tropis yang mengelilingi Air Terjun Salodik ini menjadikannya tempat yang cocok untuk mengasingkan diri sesaat dari keramaian kota. Di kawasan ini pun juga dijadikan tempat berburu spot untuk yang hobi fotografi. Bebatuan alami yang datar dialiri curahan air dari aliran Sungai Salodik menambah pesona. Konon ceritanya dahulu masa pendudukan Belanda, pernah dibangun sebuah rumah atau semacam cottage disini, dan bekas reruntuhannya masih ada.

Fasilitas yang ada cukup untuk menerima pengunjung yang datang, dengan adanya bangunan-bangunan saung untuk istirahat dan berteduh, serta tempat bersih-bersih dan ganti pakaian.

Air terjun Salodik berada tepat di pinggir jalan trans Sulawesi yang menghubungkan Kecamatan Pagimana dengan Kecamatan Luwuk sehingga mudah untuk dijangkau. Masuk di lokasi permandian Salodik sangat murah, kita hanya cukup mengeluarkan uang Rp. 1.000 per orang. (YAMIN)