755 Calon Mahasiswa IAIN Ikut TKD

oleh
Rektor IAIN Palu, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi saat memantau jalannya TKD dari jalur UM-PTKIN, Selasa (25/05). (FOTO: IST)

PALU – Sebanyak 755 calon mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu dari jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD), Selasa (25/05).

Pelaksanaan ujian berlangsung di enam gedung perkuliahan berlantai tiga, dengan suasana aman dan tertib.

Proses TKD dipantau langsung oleh Rektor IAIN Palu, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi bersama pengawas. Pemantauan dilakukan untuk mengetahui proses serta ketersediaan sarana dan prasana pendukung.

“Pelaksanaan ujian hanya berlangsung sehari,” kata Sekretaris Panitia Pelaksana dan Pengawas UM-PTKIN, IAIN Palu, Dr Askar Ahmad.

Menurut Askar, materi yang diujikan meliputi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengatahun Sosial (IPS) dan Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC).

“Teknis pelaksanaan UKT terbagi dalam tiga segmen berdasarkan materi yang diujikan,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pelaksanaan TKD merupakan salah satu tahapan yang harus diikuti calon mahasiswa baru, sebab hasilnya akan menjadi salah satu penentu, apakah mereka dapat diterima atau tidak.

Selain jalur UM-PTKIN, IAIN Palu juga menerima mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan lokal/mandiri. IAIN sendiri telah menetapkan 977 pendaftar yang lulus di jalur SPAN, dari total sekitar 1.200 pendaftar.

Namun pada proses pendaftaran ulang, hanya 350 peserta yang dinyatakan lulus. Kemudian dari 350 peserta tersebut, hanya 340 yang mengikuti proses wawancara penentuan biaya akademik atau SPP. Sisanya tidak mengikuti wawancara.

Sementara proses penerimaan mahasiswa dari jalur mandiri/lokal, saat ini sementara berlangsung dan direncanakan akan ditutup pada Agustus 2018.

IAIN Palu sendiri menargetkan 2.000 mahasiswa baru tahun 2018. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 1.400 orang di berbagai jurusan yang ada di tiga fakultas di perguruan tinggi tersebut. (YAMIN)

loading...