33 Caleg Komitmen Dukung Isu Lingkungan

oleh
calon anggota legislative (caleg) baik tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota di Sulteng, berkomitmen mendukung isu-isu lingkungan hidup, Selasa,(29/1),Foto IKRAM/MAL

PALU – Sebanyak 33 calon anggota legislative (caleg) baik tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota di Sulteng, berkomitmen mendukung isu-isu lingkungan hidup.

Komitmen tersebut ditandai dengan deklarasi yang digagas Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulteng, di salah satu restoran di Kota Palu, Selasa (29/01).

“Mereka ini nantinya berjuang mendorong terjadinya keadilan lingkungan dengan memproduksi berbagai kebijakan yang pro terhadap rakyat,” kata Direktur Eksekutif Walhi Sulteng, Abdul Haris Lapabira.

Dia mengatakan, di momentum Pemilu ini, publik bisa melihat background para caleg yang bisa mewakili suara mereka dan dapat menjalankan mandate untuk menjadi anggota legislatif.

“Tentu terhadap mereka inilah, nantinya kita bisa menagih janjinya,” katanya.

Untuk itu, kata dia, Walhi akan membuat agenda strategis guna memenangkan para caleg yang telah berkomitmen itu, dengan berbagai kampanye di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing.

“Para caleg ini juga memiliki komitmen untuk mendorong penguatan terhadap rakyat sekaligus mendorong keadilan agraria dan lingkungan hidup,” imbuhnya.

Sementara Eksekutif Nasional Walhi, M. Islah, mengatakan, di momen politik ini, Walhi akan melakukan intervensi terhadap proses agar rakyat memilih keadilan ekologis.

Dia mengatakan, keadilan ekologis ini lebih luas daripada keadilan sosial, karena mencakup lingkungan hidup dan ekosistim lain.

Moderator Dody Maidadi, Direktur Eksekutif, WALHI , Sulteng, Abdul Haris Lapabira, Eksekutif Nasional, WALHI, M. Islah, saat konferensi Pers dislahsatu resto di Palu,Selasa,(29/1), Foto ; IKRAM/MAL

“Tentu, ketika berbicara ekologis dan keadilan lingkungan, itu akan kembali pada manusia. Kita melihat bagaimana bencana ekologis akibat salah urus. Itu membawa dampak sangat besar, bukan hanya harta benda, tapi juga manusia,” katanya.

Dia pun mengajak rakyat untuk memilih wakil-wakil yang mempunyai komitmen terhadap  lingkungan hidup dan keadilan ekologis.

Dalam hal tersebut, kata dia, Walhi juga mendorong kadernya yang pernah berjuang bersama untuk maju dalam kontestasi politik 2019.

Dia berharap, dengan majunya orang-orang yang pernah berjuang bersama Walhi, maka perjuangan menuju keadilan ekologis ini, semakin terang.

“Dan gerakan rakyat bisa membesar dengan adanya dukungan dari caleg yang maju,” katanya. (IKRAM)