30 ASN Kemenag Sulteng Ikuti Diklat di Tempat Kerja

oleh
Sebanyak 30 ASN Bidang Pembimas dan Sekjen Kanwil Kemenag Provinsi Sulteng menjalani Diklat di Tempat Kerja , Selasa (09/07) (FOTO : IST)

PALU – Sebanyak 30 Aparataur Sipil Negara (ASN) Bidang Pembimas dan Sekjen Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menjalani Diklat di Tempat Kerja (DDTK).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Manado selama lima hari,  mulai Senin  sampai Jum’at (8-12/7), di Aula Kanwil Kemenag Sulteng.

Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, Rusman Langke, mengatakan, kegiatan itu sangat strategis, karena menyangkut laporan sebagai ASN. Sehingga diharapkan, peserta mengikuti dengan baik, agar ilmu pengetahuan yang diberikan dapat diimplementasikan di tempat kerja masing masing

“Karna ini merupakan satu kesyukuran bisa mendapatkan ilmu pengetahuan tentang bagaimana kita membuat Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah(LAKIP), sesuai dengan norma dan kaidah,” katanya di ruang kerjanya, Selasa (09/07).

Rusman menguraikan, laporan kinerja adalah salah satu fungi dari pada manajemen, mulai dari Planning, Organizing, Actuating / Directing dan Controlling. Olehnya itu, setiap membuat suatu kegiatan unsur yang paling pokok adalah laporan atau surat pertanggungjawaban.

Menurutnya, ketika perencanaan matang, dengan menggunakan pisau analisis lewat fungsi fungsi manajemen, maka tidak usah ragu ketika di audit oleh aparat internal maupun eksternal. Karena administrasi rapi.

“Alhamdulilah, dalam tiga tahun terahir, Kemenag mendapat opini dari Badan Pemeriksa Keuangan, terhadap laporan keuangan dan BMN dengan opini tanpa pengecualian. Saya harapkan adminstrasi yang baik dan rapi dimulai dari pada perencanaan,”tandasnya. (MOH.YAMIN)