147 Bakal Calon Kepala Desa Uji Kompetensi

oleh
Suasana uji kompetensi Bakal Calon Kepala Desa yang dilaksanakan di ruang sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTS) Alkhairaat Uemalingku, Kelurahan Uemalingku, Kecamatan Ratulindo Jumat (6/9). (MAL/SAFA'AD)

AMPANA – Sebanyak 147 Bakal Calon Kepala Desa di Kabupaten Tojo Una-Una mengikuti uji kompetensi  di ruang sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTS) Alkhairaat Uemalingku, Kelurahan Uemalingku, Kecamatan Ratulindo, Jumat (6/9).

Uji kompetensi ini digelar oleh Panitia Penyelenggara Pemilihan Kepala Desa di Dinas Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Tojo Una-Una, khusus bagi desa yang memiliki jumlah bakal calon melebihi kuota yang telah ditetapkan dalam Undang-undang.

“Jadi jika ada Desa yang jumlah Bakal Calon Kepala Desa yang mendaftar melebihi dari 5 orang maka diwajibkan untuk mengikuti uji kompetensi” Ujar Badri Jawara selaku Panwas Pilkades Kabupaten Tojo Una-Una saat dikonfirmasi Jum’at (6/9).

Diwaktu yang sama Kepala Dinas Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Tojo Una-Una, Hasan Lasiata juga mengungkapkan, Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 43 tahun 2014, disebutkan jika dalam satu desa terdapat bakal calon yang lulus administrasi lebih dari 5 orang, maka harus dilakukan seleksi tambahan, atas dasar ini sehingga Desa-desa yang memiliki jumlah bakal calon lebih dari lima dilakukan uji kompetensi.

“Yang ikut uji kompetensi saat ini sebanyak 147 peserta Bakal Calon Kepala Desa yang berada di 22 Desa di Kabupaten Tojo Una-Una, mereka sedang mengisi soal yang telah disediakan oleh panitia penyelenggara,’’bebernya.

Dalam uji kompetensi ini kata dia ada dua tahapan yang akan dilewati seluruh Bakal Calon Kepala Desa yakni ujian tulis dan ujian wawancara, setelah itu akan diumumkan nama yang akan lolos yang kemudian akan menjadi calon Kepala Desa.

“tadi ini kan baru ujian tulis, besok tanggal (7/9) seluruh peserta akan mengikuti tes wawancara” Terangnya. SAFA’AD