13 Srikandi Partai Nasdem Duduki Parlemen di Sulteng

oleh
Kantor DPW NasDem Sulteng. (FOTO : IST)

Palu – Partai Nasional Demokrat (NasDem) berhasil mengantar 13 politisi perempuannya menjadi anggota legislatif periode 2019-2024 di Provinsi Sulawesi Tengah, berdasar hasil Pemilu 2019.

“Untuk hasil pileg 2019, ada 13 politisi perempuan dari Nasdem yang menjadi anggota legislatif periode 2019-2024,” Ucap Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulteng, Muslimun, Sabtu (1/6) di Kota Palu.

Muslimun menjelaskan, 13 politisi perempuan tersebut berhasil menjadi anggota legislatif mulai dari daerah tingkat I dan tingkat II di Sulawesi Tengah.

Nilam Sari Lawira, sebut Qimunk, sapaan akrab Muslimun, menjadi satu-satunya politisi perempuan NasDem yang berhasil menjadi anggota legislatif untuk daerah tingkat satu di DPRD Sulawesi Tengah.

Bahkan, Nilam Sari telah digadang – gadang akan menduduki tampuk jabatan Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah periode 2019-2024.

Pada pemilu yang lalu, NasDem menempatkan Nilam Sari Lawira untuk bertarung di daerah pemilihan enam meliputi Kabupaten Sigi dan Donggala. Di daerah pemilihan tersebut, Nilam meraih suara 19.858, sekaligus menopang suara partai menjadi 39.615, dan berhak mendapat satu kursi DPRD Sulteng dari dapil tersebut.

Untuk daerah tingkat II kabupaten/kota di Sulawesi Tengah, Lanjut Qimunk, terdiri dari Mutmainah Korona yang berhasil menjadi anggota legislatif DPRD Kota Palu dari daerah pemilihan Palu Utara-Tawaeli.

Sedanhkan pada pemilihan DPRD Donggala, NasDem berhasil mengantar putri Bupati Donggala yakni Widya Kasman Lassa dan Farida, menjadi elite politik.

Kemudian, Endang, menjadi satu-satunya politisi perempuan NasDem yang berhasil menjadi anggota legislatif untuk DPRD Kabupaten Sigi, disusul pada daerah pemilihan Parigi Moutong, Nasdem berhasil mengantar Umi Kalsum menduduki satu kursi parlemen.

Selanjutnya, di DPRD Kabupaten Tojo Una-una ada Rahmatia. DPRD Kabupaten Banggai, Nasdem berhasil membawa tiga srikandi-nya menjadi anggota legislatif, ialah Batia Sisilia Hadjar, Sinje, dan Ayet.

Sementara itu, di DPRD Kabupaten Banggai Kepulauan, masing-masingnya berhasil direbut oleh Rutdiansih dan Yeni, sedangkan diwilayah pemilihan Morowali Utara, NasDem berhasil mengirim Egi.

NasDem tidak hanya menjadi partai politik pemenang di Sulawesi Tengah, tetapi juga menjadi salah satu partai yang berhasil memenangkan politisi perempuan terbanyak di Provinsi Sulawesi Tengah untuk periode 2019 – 2024.(Faldi)