1.150 Riders Ramaikan Trail Adventure Explore Festival Danau Poso ke-21

oleh
Suasana pelepasan peserta Trail Adventure oleh Bupati Poso di Anjungan FDP, Sabtu (31/08). (FOTO: MANSUR)

POSO – Sebanyak 1.150 riders peserta Trail Adventure Explore Danau Poso, ambil bagian meramaikan Festival Danau Poso (FDP) ke-21. Kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut dilepas oleh Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu di anjungan FDP Kelurahan Pamona, Kecamatan Pamona Puselemba, Kabupaten Poso, Sabtu (31/08) lalu.

Menariknya, selain diikut riders lokal Poso dan 11 kabupaten se-Sulteng, kegiatan tersebut juga turut diikuti oleh para riders dari tujuh provinsi, seperti Jatim, Riau, Palembang, Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Barat.

Adapun rute Trail Adventure tersebut diawali dri anjungan FDP-Tugu Gapura Tentena-Panorama-Peura dan finish kembali di anjungan FDP.

Penilaian lomba dilakukan dengan system undi itu memperebutkan hadiah satu unit mobil Agya serta tiga unit sepeda motor dan beberapa hadiah hiburan lainnya.

Ketua Panitia Trail Adventure Explore Danau Poso yang juga Kasdim 1307 Poso, Mayor Inf. Ikbal Makmur, mengatakan, kegiatan yang melibatkan ribuan peserta itu untuk menyalurkan hobi bagi para pecinta motor trail. Kegiatan tersebut sekaligus sebagai ajang promosi wisata Danau Poso ke tingkat nasional hingga mancanegara.

“Trail Adventure sebagai salah satu kegiatan olahraga automotif yang dipadukan dengan kegiatan perjalanan wisata menelusuri indahnya Danau Poso serta melewati jalan yang cukup ekstrim dan penuh tantangan,” ungkap Ikbal.

Sementara Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu mengapresiasi jajaran Kodim 1307 yang telah menginisiasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan adventure motor trail tersebut, selain bernuansa petualangan, juga merupakan ajang darmawisata bagi para peserta yang otomatis melewati beberapa objek wisata pinggiran danau dengan panorama yang sangat indah.

Darmin menjelaskan, pelaksanaan one day trail adventure diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan citra Kabupaten Poso, khususnya dalam upaya mempromosikan destinasi wisata agar semakin dikenal, baik secara nasional maupun internasional.

Dia berharap kepada seluruh peserta yang berasal dari luar daerah, agar pengalaman wisata yang dinikmati selama berada di Kota Tentena dan sekitarnya, dapat dibagikan kepada teman-teman lainnya, sehingga pada event yang akan datang bisa mendatangkan peserta yang lebih banyak lagi.

“Perlu diingatkan bahwa kegiatan one day trail adventure ini sudah pasti menarik perhatian masyarakat setempat. Karena itu ciptakanlah semangat kebersamaan dan persaudaraan yang memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat banyak, bahwa kegiatan ini tidak hanya sekadar perlombaan. Tetapi lebih dari itu merupakan wujud kepedulian dan gerakan kecintaan terhadap kelestarian alam lingkungan wisata Danau Poso agar tetap terjaga dan terpelihara dengan baik,” harapnya.

Acara pelepasan peserta  trail Adventur Explore Wisata Danau Poso ikut dihadiri Bupati Tojo Una-Una Muhammad Lahay, Danrem 132 Tadulako Kol. Inf. Agus Sasmita, Danyon 714 SM Mayor Inf. Gusti Nyoman Mertayasa, Dandim 1307 Poso Let. Inf. Catur Sutoyo, Kapolres Poso AKBP. Bogiek Sugiyarto dan Kadis Pariwisata Kabupaten Poso, Rudi Richardo Rompas (MANSUR)